Padang, Analisakini.id-Pemerintah Provinsi Sumbar mulai membuka pendaftaran seleksi calon Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) mulai 24 Mei hingga 31 Mei 2021.
Calon terpilih nantinya akan mengisi kekosongan jabatan Sekdaprov defenitif pasca pensiunnya Alwis pada 1 April lalu. Saat ini untuk sementara jabatan diemban oleh Pj. Sekdaprov Benny Warlis.
Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Sekdaprov Sumbar Hamdani usai pertemuan dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi, menyebutkan seleksi calon sekdaprov dilakukan secara terbuka.
Seleksi diumumkan secara terbuka melalui situs web, papan pengumuman Badan Kepegawaian Daerah (BKD), media cetak lokal dan media elektronik.
“Berkas pendaftaran seleksi jabatan pimpinan tinggi madya sekdaprov eselon 1b ini sudah harus diterima Sekretariat Panitia Seleksi paling lambat pada 31 Mei 2021,” ujar Hamdani, Minggu (23/5/2021).
Setelah berkas diterima, pansel selanjutnya mulai melakukan seleksi administrasi pada 2 Juni 2021. Kepastian siapa yang lulus dan tidak lulus seleksi administrasi akan diumumkan pada 2 Juni melalui website dan papan pengumuman BKD.
Hamdani sebagai pansel dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengimbau pegawai negeri sipil yang berminat dan memenuhi persyaratan yang ditentukan dapat mendaftarkan diri.
Seluruh peserta seleksi yang memenuhi syarat punya kesempatan yang sama. Bobot tertinggi dalam seleksi adalah presentasi dan wawancara 35%, kemudian ujian kompetensi 25%, penulisan naskah dan jejak rekam masing-masing 20%,” katanya.
“Tim Pansel menyiapkan tiga nama calon untuk diserahkan kepada gubernur sebagai PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) untuk diteruskan ke KASN. Setelah adanya rekomendasi dari KASN, selanjutnya berkas diserahkan kepada Presiden melalui Mendagri,” ungkap Hamdani yang juga Staf Ahli Mendagri Bidang Ekonomi dan Pembangunan.
Lamaran beserta seleksi ditujukan kepada Gubernur Sumatera Barat c.q Ketua Panitia Seleksi JPT Madya Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat.
Lamaran dikirimkan melalui email dengan alamat panseljpt@sumbarprov.go.id dan berkas diantarkan langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi JPT Madya Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat dengan alamat Jln. Batang Antokan Nomor 4 Padang paling lambat 31 Mei 2021 pada jam kerja.
Seluruh dokumen persyaratan dilampirkan bersama surat lamaran. “Berkas administrasi yang akan diproses adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan. Seleksi ini tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun,” tegas Hamdani.
Dalam seleksi ini, Hamdani sebagai Ketua Pansel bekerja menyeleksi calon bersama anggota pansel yang telah ditetapkan melalui Keputusan Gubernur Mahyeldi Nomor 821/2477/BKD-2021.
Yakni, akademisi UNP Prof Sufyarma Marsidin, Profesional di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumbar Syarifuddin, akademisi Unand Prof Syukri Arief dan Efa Yonedi PhD, Akademisi UIN Imam Bonjol Padang Prof Mukhlis Bahar dan Dr Rahmawati.
Menurut Hamdani, jadwal pelaksanaan seleksi dapat berubah sewaktu-waktu dan akan diumumkan melalui website www.sumbarprov.go.id.
Peserta yang berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya disampaikan pada saat pengumuman hasil seleksi. Keputusan Panitia Seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Apabila di kemudian hari diketahui pelamar memberikan data atau keterangan tidak benar, maka panitia seleksi berhak membatalkan hasil seleksi.
Berikut Persyaratan Peserta Seleksi:
Persyaratan Umum:
a. Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia;
b. Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa;
c. Memiliki integritas dan moralitas yang baik;
d. Berusia setinggi-tingginya 58 tahun pada tanggal 30 September 2021;
e. Tidak berkedudukan sebagai pengurus atau anggota partai politik;
f. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat;
g. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan;
h. Telah lulus Diklat Kepemimpinan Tingkat II;
i. Semua unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;
j. Sehat jasmani dan rohani;
k. Telah menyerahkan SPT Tahunan 2020;
l. Telah menyampaikan LHKPN/LHKASN Tahun 2020;
m. Pegawai Negeri Sipil Provinsi Sumatera Barat, Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pegawai Negeri Sipil Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia dengan persyaratan :
1) Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana atau diploma IV;
2) Pangkat/Golongan Ruang minimal Pembina Utama Muda (IV/c);
3) Memiliki pengalaman Jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan Jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat 7 (tujuh) tahun;
4) Sedang atau pernah menduduki JPT Pratama atau Jabatan Fungsional Ahli Utama paling singkat 2 (dua) tahun;
5) Memperoleh persetujuan tertulis dari Pejabat Pembina Kepegawaian.
Syarat Kompetensi Jabatan:
1. Mempunyai Kemampuan Manajerial dan Leadership yang baik;
2. Memahami regulasi di bidang yang dilamar;
3. Memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonality yang baik;
4. Mampu bekerja dalam tekanan pekerjaan;
5. Pendidikan minimal S-1/D-IV.
Dokumen Persyaratan
Peserta mengajukan lamaran dengan melampirkan dokumen persyaratan, sebagai berikut:
1. Lamaran dibuat sendiri oleh pelamar ditulis dengan tinta hitam dan ditandatangani sendiri oleh pelamar diatas materai Rp. 10.000,-;
2. Fotocopy Keputusan pangkat terakhir yang dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang;
3. Fotocopy Keputusan Pengangkatan dalam Jabatan Terakhir yang dilegalisir oleh Pejabat berwenang;
4. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP);
5. Fotocopy Pakta Integritas dari jabatan terakhir;
6. Fotocopy akta kelahiran;
7. Surat Pernyataan Tidak berkedudukan sebagai pengurus atau anggota partai politik bermaterai Rp. 10.000,-;
8. Surat Pernyataan Pejabat Pembina Kepegawaian tentang persetujuan untuk mendaftarkan diri,
9. Surat keterangan tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat dan keterangan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan dari pejabat yang berwenang;
10. Fotocopy sertifikat pendidikan dan pelatihan kepemimpinan Tingkat II yang dilegalisir oleh Pejabat berwenang;
11. Fotocopy SKP Tahun 2019 dan 2020 yang dilegalisir;
12. Fotocopy ijazah terakhir yang dilegalisir;
13. Fotocopy Sertifikat diklat teknis maupun fungsional yang relevan dengan jabatan yang dilamar;
14. Daftar Riwayat Hidup yang memuat : identitas diri secara lengkap, kepangkatan, kualifikasi pendidikan dan pelatihan, pengalaman jabatan, alasan melamar jabatan, serta uraian pengalaman spesifik selama menjabat;
15. Fotocopy bukti penyerahan SPT Tahun terakhir dan LHKPN (untuk yang telah menduduki jabatan struktural eselon II).
16. Pas Poto terbaru berwarna latar belakang merah ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar.
Jadwal dan Tahapan Seleksi:
1. Pengumuman dan Pendaftaran 24 s.d. 31 Mei 2021. Diumumkan melalui website, papan pengumuman BKD, dan media cetak lokal dan media elektronik
2. Penerimaan berkas Pendaftaran 24 s.d. 31 Mei 2021.
3. Seleksi Administrasi 2 Juni 2021
4. Pengumuman yang dinyatakan lulus dan tidak lulus seleksi administrasi 2 Juni 2021 diumumkan melalui website dan papan pengumuman BKD
5. Penulisan Makalah 3 Juni 2021
6. Pengumuman Hasil Penulisan Makalah 4 Juni 2021
7. Uji Kompetensi 7 Juni 2021 dilakukan BKN Pusat
8. Tes Kesehatan, Kejiwaan, dan Bebas Narkoba 14 Juni 2021 di Rumah Sakit Pemerintah
9. Pengumuman Hasil Uji Kompetensi 24 Juni 2021 Panitia Seleksi
10. Presentasi dan Wawancara 25 Juni 2021 Panitia Seleksi
11. Pengumuman akhir 3 calon dengan nilai tertinggi 28 Juni 2021.(***)