arrow_upward

Ingin Dongkrak Sektor Pariwisata, Komisi III DPRD Kalteng Kunjungi DPRD Sumbar

Jumat, 19 Juli 2024 : 16.13

 

Sekwan DPRD Sumbar, Raflis, saat menerima kunjungan rombongan Komisi III DPRD Kalteng, Jumat (19/07/2024). (humasdprdsb)

PADANG, ANALISAKINI.ID—DPRD Sumatera Barat kembali menjadi kunjungan untuk studi banding, sharing dan berbagi informasi bagi lembaga legislatif lain di Tanah Air. Kali ini, Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah datang ke Padang, Jumat (19/07/2024).

Rombongan dari Kalteng itu diterima Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Provinsi Sumatera Barat, Raflis. Sekwan didampingi Kabag Persidangan dan Perundang Undangan Zardi, Kasubag Humas dan Protokol Idris dan staf sekretariat DPRD Provinsi Sumbar. Mereka ingin menggali peran DPRD dalam mendorong sektor pariwisata dan sumber daya manusia untuk mendongkrak kunjungan wisata.

Terkait hal itu, Sekwan Raflis, mengatakan, Pemprov Sumbar telah punya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Wisata Halal. Ini sebagai dasar pengembangan wisata halal di Ranah Minang.

"Ya, kita berupaya membangun kolaborasi dengan pemerintah pusat untuk pengembangan wisata halal, karena pemerintah pusat juga memiliki perhatian serius untuk wisata halal ini," sebut Raflis.

Menurur Raflis, pihaknya melihat destinasi wisata halal di Ranah Minang sangatlah luar biasa. Oleh karena itu, perlu dilakukan penggalian dan pengembangan secara sistematis untuk kesejahteraan masyarakat Sumbar.

Lanjutnya, Sumbar memiliki objek wisata, salah satunya yang terbaru Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi Sumatera Barat. “Ini yang sangat luar biasa. Bisa jadi ini menunjukkan sebagai etalase baru pula dalam memajukan dan mengembangkan paraiwisata halal di Sumbar,” jelas Raflis.

Katanya, untuk peningkatan sumber daya manusia, pihaknya selalu melakukan kajian dari berbagai pihak. Adakalanya menginginkan masukan dari luar, dari apa yang tidak terlihat untuk masa depan. 

“Terlebih kita telah punya aturan. Itu semua dapat dilaksanakan dengan baik dan benar," ujar Raflis.

Sementara, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Ahmad Amur mengatakan, pihaknya akan meminta kepada Gubernur Sumatera Barat untuk membawa Sekwan DPRD Provinsi Sumbar Raflis dibawa di Kalimantan Tengah untuk membenahi Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Tengah.

"Saya akan minta kepada Gubernur Sumbar untuk membawa Sekwan DPRD Sumbar Raflis untuk diterapkan serta membenahi Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Tengah," ujar Amur, disambut tepuk tangan para hadirin.

Seperti diketahui, Sekretariat DPRD Sumbar selama ini kinerjanya terbilang bagus. Betapa tidak, adapun penghargaan diraih Sekretariat DPRD Provinsi Sumbar dan Sekwan DPRD Provinsi Sumbar, seperti telah memiliki Pojok Baca dan Perpustakaan. Ada penghargaan Tokoh Peduli Penyiaran Sumbar, Penghargaan Achievment Motivation Person. Lalu, mewakili Provinsi Sumbar untuk Anugerah Tinarbuka Peringatan HAKIN, dan Sekwan DPRD Sumbar Raflis jadi narasumber di Kemendagri RI. 

Rombongan dari Kalteng itu, ikut Ketua Komisi III Siti Nafsiah, Wakil Ketua Komisi III Siswandi, anggota Niken S Bahat, Duwel Rawing, Suhardi, Sri Neni Trianawati, Andayani, Ahmad Amur dan staf sekretariat DPRD setempat. (n-r)

 

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved